Behavior Management Training Untuk Mengoptimalisasi Kemampuan Perilaku Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sdlb Kota Lhokseumawe

Main Article Content

Rini Julistia
Zurratul Muna
Widi Astuti
Dwi Iramadhani

Abstract

Rata-rata guru yang mengajar di sekolah luar biasa bukan merupakan alumni dari fakultas pendidikan luar biasa, oleh karena itu banyak dari guru-guru yang mengajar disekolah tersebut tidak mengetahui kebutuhan utama anak berkebutuhan khusus dan kurang mengetahuitreatmentyang sesuai dengan kondisi anak berkebutuhan khusus. Sehingga dibutuhkan pemahaman terkait anak berkebutuhan khusus serta teknik belajar yang didesain khusus untuk guru-guru disekolah, dengan harapan melalui psikoedukasi guru-guru dapat memahami perbedaan pada masing-masing anak berkebutuhan khusus dan melalui teknik behaviormanagement trainingguru-guru dapat mengoptimalkan perilaku adaptif pada anak berkebutuhan khusus. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terbagi menjadi 4 subbagian yakni kegiatan pretest, kegiatan kedua psikoedukasi anak berkebutuhan khusus, klasifikasi dan karakteristiknya. Kemudian kegiatan ketiga yaitu behavior management training untuk mengoptimalisasi perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus. kegiatan keempat yaitu posttest. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa saat pre test 3 peserta memiliki kategori tinggi dan 32 peserta lainnya berada pada kategori rendah berbeda dengan hasil dari Post Test yang diperoleh menunjukkan peningkatan yaitu terdapat 35 peserta atau semua peserta berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa setelah mengikuti kegiatan peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai anak berkebutuhan khususdan mengoptimalkan pengajaran perilaku adaptif anak berkebutuhan khusus dengan menggunakan teknik-teknik behavior management training.

Article Details

How to Cite
Julistia, R., Muna, Z., Astuti, W., & Iramadhani, D. (2022). Behavior Management Training Untuk Mengoptimalisasi Kemampuan Perilaku Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus Pada Guru Sdlb Kota Lhokseumawe. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 1(2), 14–23. https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.7
Section
Articles
Author Biographies

Rini Julistia, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Zurratul Muna, Universitas Malikussaleh

Progam Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Widi Astuti, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Dwi Iramadhani, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

References

Anzari, Sarong & Rasyid 2018. Hak memperoleh pendidikan inklusi terhadap penyandang disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, Vol. 2 (1) 2018

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives: Handbook 1: Cognitive Domain. New York: David McKay Co. Inc.

Chandra B, 2012. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Davidson, G.C., Neale, J. M. dan Kring, A. M. 2006. Psikologi Abnormal (9th ed.). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kazdin, A. E., 2005. Parrent management training:Treatment for Oppositional, Aggressive, and Antisocial Behavior in children and adolescents. New York:Oxford University of Callifornia.

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s taxonomy: An overview. Theory intoPractice, 41(4), 212-218.

Lubab, W., Muwaffiqillah, M., Muzakki,I. 2017. Dukungan Sosial Orang Tua pada Anak Tunagrahita di SDLB Muhammadiyah Kertosono. Jurnal Psikologi dan Ilmu Islam. 1 (1). 1-8.

Mangunsong, F. 2009. Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan pendidikan psikologis (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPUI).

Muna, Z., Sulistyaningsih, W., & Marini, L. 2019. Parent Management Training to Decrease Disruptive Behavior in Children. Proceedings of the 1st International Conference on Psychology

Murisal,M., & Hasannah, T. 2017. Hubungan Bersyukur dengan Kesejahteraan Subjektif pada Orang Tua yang Memiliki Anak Tunagrahita di SDLB Negeri 2 Kota Padang. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (2), 81-88.

Patterson, G.R., Forgatch, M.S., Yoerger, K.L. 1998 Variables that initiate and maintainan erly-onset trajectory for juvenile offending. Development and Psychopathology, 10 (1998), 531-547.

Pratiwi, C J. (2011). Sekolah Inklusi untuk anak berkebutuhan khusus: tanggapan terhadap tantangan kedepannya. Seminar Nasional Pendidikan UNS & ISPI Jawa Tengah.

Sulastina., & Rohmatun. (2018). Hubungan antara rasa syukur dengan kepuasan hidup pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Proseding Seminar Nasional Psikologi Unissula, 71-84.

Tasya, P.M.D & Qodariah, S. 2018. Hubungan Adversity Quotient degan Optimisme pada ibu yang memiliki anak Down Syndrome di yayasan POTADS Bandung. Jurnal Prosiding Psikologi. 4 (1). 365-371

Wolfe, D A., Mash. E.J. 2010 Abnormal Child Psychology. Development and Psychopathology, 10 (1998), 531-547.

Most read articles by the same author(s)