Psikoedukasi Kesiapan Sekolah pada Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak untuk Pendidikan Sekolah Dasar

Main Article Content

Widi Astuti
Dwi Iramadhani
Yara Andita Anastasya
Tri Widia Ningsih
Nurwafi Oktari

Abstract

Permasalahan yang sering muncul ketika anak memasuki sekolah dasar yaitu kemandirian,konsentrasi, masalah relasi sosial, masalahmotivasi, prestasi belajar rendah, tulisan besardan kasar, keliru menulis huruf dan angka,belum lancar membaca, dll, disamping ituterdapat pula masalah yang terkait dengan pola pengasuhan diantaranya mudah marah,memukul dan menyakiti teman.Mitra dalam pengabdian ini adalah TKIT Anak Shalih.Oleh karena itu pengabdian ini bertujuan untuk memberikanpsikoedukasi dalam rangka meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mempersiapkan anak masuk Sekolah Dasar. Kemudian juga memberikan pengetahuan orang tua mengenai langkah-langkah yang diperlukan untuk mempersiapkan anak masuk Sekolah Dasar. Psikoedukasi nantinya akan diberikan melalui metode ceramah, diskusi dan case study. Dalam penyelesaian masalah bagi mitra dilakukan tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini yaitu diharapkan orang tua dapat meningkatkan pengetahuan orang tua mengenai kesiapan sekolah anak. Luaran yang diharapkan dari pengabdian ini adalah publikasi media online, accepted jurnal nasional dan signed dokumen MOU.

Article Details

How to Cite
Astuti, W. ., Iramadhani, D. ., Anastasya, Y. A., Ningsih, T. W. ., & Oktari, N. . (2023). Psikoedukasi Kesiapan Sekolah pada Orang Tua dalam Mempersiapkan Anak untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 2(2), 27–31. https://doi.org/10.51849/jp3km.v2i2.19
Section
Articles
Author Biographies

Widi Astuti, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Dwi Iramadhani, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Yara Andita Anastasya, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Tri Widia Ningsih, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

Nurwafi Oktari, Universitas Malikussaleh

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran

References

Blair, Clancy & Raver C. Cybele.(2015)School Readiness andSelf-Regulation: A Developmental PsychobiologicalApproach. HHS Public Access. 66 (3). 711–731

Mottaghipour, Y., & Bickerton. (2005). ThePyramid of Family Care : A Framework forFamily Involvement with adult mentalhealth services. Toronto: Prentice HallHealth.

Nata, Abuddin (2011). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet. 2

Papalia, D. E dan Feldman R.D. 2010. Experience human Development(12nd en).Transleted by Hertati F.W. 2014. Jakarta: Salemba Humanika.

Rahmawati et al., (2018). Profil Kesiapan Sekolah AnakMemasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini (JPUD) 12(2) 201-210.

Rifai M. & Fahmi. (2017). Pengelolaan Kesiapan Belajar Anak Masuk SekolahDasar. Jurnal Pendidikan Islam Fakultas Ttarbiyah Dan Keguruan(TARBAWI) 3 (1) 129-143

Soydan, Büyüktaşkapu. 2017. Some Variables Predicting the School Readiness of Preschool Children. Journal of Faculty of Educational Sciences. Vol 50 (No)1: 189-208.

Most read articles by the same author(s)